Arsitektur-Interior-Furniture

Mengenal Beberapa Jenis Kusen

Rasanya sudah lama sekali penulis tidak membuat posting baru di blog ini, kali ini penulis akan mencoba memulai lagi membuat artikel. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang beberapa jenis kusen. Dimulai dengan kusen yang umum dikenal masyarakat.

Kusen yang dimaksud disini adalah suatu elemen bangunan / rumah yang difungsikan sebagai tempat menempatkan bukaan pada dinding, bisa berupa pintu, jendela, ataupun ventilasi.

Kusen kayu

Ini adalah salah satu kusen yang awal – awal penulis kenal. Bahan kusen ini adalah kayu pohon yang cukup keras dan kuat untuk menahan beban pintu. Ketentuan standar untuk kusen kayu diantaranya :

  • Sisi samping kusen dibuat alur coakan sebagai tempat mengalirnya air adukan. Atau dinamakan sponeng kapur (seingat penulis).
  • Sisi atas kusen tidak boleh diberikan sponeng kapur, karena bisa membuat air adukan menggenang pada sponeng ini.
  • Bagian ujung kusen dibuat "kupingan" yang nantinya akan tertanam pada dinding. Kupingan ini membantu memperkuat posisi kusen pada dinding.
  • Pada bagian tengah kusen diberi angkur besi beton. Fungsinya seperti kupingan, memperkuat posisi kusen pada dinding.
  • Pada bagian bawah kusen bisa diberikan sepatu beton, guna menghindari tergenangnya air pada bagian bawah / lantai.  Tinggi sepatu bisa dibuat sama dengan tinggi plint lantai.
  • Pada sisi dalam kusen dibuat sponeng tempat berhentinya pintu / jendela.
  • Pada bagian tepi luar kusen bisa diberi alur sebagai variasi dan sebagai kamuflase, akibat kemungkinan adanya renggang setelah dinding bangunan kering.

Ilustrasi kusen

  • Hal-hal lainya bisa ditambahkan sebagai variasi / hiasan pada kusen.
  • Ukuran kusen kayu menyesuaikan dengan keinginan pemesan, yang tentunya disesuaikan dengan anggaran yang ada. Ketersediaan bahan kayu juga berpengaruh terhadap ukuran yang ada. 

Finishing kusen

Kusen kayu dengan serat bagus, tentu akan lebih baik di finish dengan bahan finish transparant. Serat kayu yang ada bisa di tampilkan dengan bagus.

Kusen kayu dengan serat kayu kurang bagus, maka bisa saja diberi finish cat yang menutup serat kayu.

2 komentar:

Pengikut

Cari Blog Ini

studio-rumah.blogspot.com - 2022. Diberdayakan oleh Blogger.