Arsitektur-Interior-Furniture

Denah Rumah Type 51

Koleksi berikutnya dari studio-rumah. Kali ini dibuat sebuah desain rumah tinggal sederhana dengan luasan 51 m2, pada kapling seluas 9x14 m2. Denah rumah ini memiliki 2 ruang tidur yang berbeda luasan.

Ruang pertama dengan luasan 3x3,5 m2 diperuntukkan sebagai ruang tidur orang tua, karena ruangan ini cukup luas. Ruang ke 2 dengan luasan 3x3 m2 juga cukup besar untuk ukuran rumah sederhana. Dapur ditempatkan di depan bersebelahan dengan KM. Pintu masuk utama melalui samping. Hal ini sebagai upaya mendapatkan privasi penghuni rumah. Sebagai pandangan ke luar, di buat bukaan ventilasi.

rumah t 51d.jpg

Kegiatan publik terkumpul di area di depan. Area privasi diletakkan di sebelah tepi dengan akses ventilasi ke belakang. Area terbuka pada kapling ini bersambung dari depan ke belakang melalui teras / semi teras.

Dapur diletakkan di depan dengan tujuan pembuangan udara dari dapur bisa diarahkan ke depan. Sebagai saringan dari kebisingan dan bau dapur, perlu diupayakan penghijauan yang cukup di depan dapur.

Ventilasi pada kedua ruang tidur didapat melalui area belakang. Secara logika area belakang memiliki lebih sedikit kadar polusi udara maupun polisi suara, dibandingkan dengan area depan.

rumah t 51v.gif

Ventilasi ruang tengah dirasa cukup dengan letak ventilasi di depan maupun samping. Diharapkan cahaya dan udara alami banyak masuk ke ruang ini. Pandangan ke luar depan maupun samping pun juga lebih terasa lapang.

Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Cari Blog Ini

studio-rumah.blogspot.com - 2022. Diberdayakan oleh Blogger.