Arsitektur-Interior-Furniture

Denah Rumah Type 45

Satu lagi koleksi studio-rumah, untuk desain rumah sederhana. Kali ini dibuat dengan luasan + 45m2, pada kapling 8x13 m2. Denah rumah ini memiliki 2 ruang ukuran 3x3 m2 dengan letak KM di antara kedua ruang. Dapur diletakkan di belakang dekat pintu keluar.

Denah rumah menempel batas kapling pada area ruang tidur. Pintu masuk dibuat di depan, tidak seperti pada denah rumah type 36 sebelumnya. Memang hal ini bisa mengurangi privasi penghuni rumah, namun penempatan pintu masuk samping dirasa kurang efektif diterapkan pada denah rumah kali ini, serta kurang memaksimalkan isi ruang nantinya (penempatan perabot).

rumah t 45.jpg

Teras diletakkan segaris dengan dinding ruang depan. Teras ini berfungsi sebagai perantara rumah dan ruang luar. Ukuran 1x3 m2 dirasa cukup memenuhi fungsi perantara ini.

Ruang tengah akan terasa lapang dengan perletakkan KM pada deretan ruang tidur. Ruang ini sebagian akan diisi area dapur, sisanya masih cukup lapang sebagai area tengah. Bagian samping ruang tengah dibuat ventilasi / jendela, sehingga pandangan akan terasa lebih longgar. Namun perlu diperhatikan penempatan ventilasi ini, sehingga tidak menyulitkan penempatan perabot yang akan mengisi ruang tengah.

rumah t 45 ven.gif

Kedua ruang memiliki jendela ke luar langsung berhubungan dengan ruang luar. Sehingga tidak memerlukan ventilasi atas yang biasanya diletakkan mendekati plafond.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Cari Blog Ini

studio-rumah.blogspot.com - 2022. Diberdayakan oleh Blogger.