Jumat, 18 Februari 2011

MEJA RESEPSIONIS

Meja Resepsionis atau meja konter, sebenarnya adalah meja kerja biasa. Namun karena ditujukan sebagai tempat pendatang dari sebuah layanan jasa untuk mendapatkan informasi, maka ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan

Meja konter haruslah mudah terlihat <<

Jelas sekali keberadaan meja konter disebuah instansi pelayanan, jika tidak dapat dilihat, maka para pengunjung akan mengalami kesulitan. Bisa-bisa pengunjung yang datang akan mencari informasi ke tempat - tempat yang mungkin butuh konsentrasi bagi karyawannya. Saya pernah mengalami beberapa kejadian, salah satunya pada waktu datang ke sebuah instansi (untuk pencarian data tertentu). Saat saya datang dan masuk ke kantor tersebut, seperti orang 'keder' saja. Tengok sana tengok sini, bingung akan bertanya kepada siapa, karena semua orang sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Akhirnya nekat bertanya pada orang terdekat. Namun bapak yang saya tanya, sepertinya juga kurang tahu, karena kemudian bertanya kepada karyawan lain, yang sama-sama kurang tahu. Akhirnya saya ditujukkan untuk mencoba bertanya ke bagian lain di kantor sebelahnya. he..he..

Meja konter dekat dengan pintu masuk <<

Coba bayangkan, bila meja konter resepsionis, diletakkan dibagian belakang. Pada saat ada pengunjung datang. Pasti akan tengok kesana kemari, dan bertanya kepada orang lain yang mungkin sama-sama tidak tahu (sesama pengunjung, ataupun orang yang lewat). Dalam dunia bisnis, ini sangatlah merugikan. Bisa jadi orang yang datang itu akhirnya balik kanan dan pergi lagi.

Meja konter dekat dengan ruang tunggu <<

Misalkan meja konter di tempatkan di depan, kemudian ruang tunggunya berada di ujung belakang. Pengunjung tentu akan merasakan suasana sepi dan tenang. Hal ini bisa membuat pengunjung takut, jangan-jangan dia salah masuk ke tempat ini. Ataupun prasangka yang lain. Pada insatansi tertentu, hal ini dapat mengganggu arus sirkulasi. Karena jauh dari ruang tunggu, maka pengunjungpun akan berdiri di dekat meja konter. Sehingga lama-kelamaan menjadi sesak. Bagi pegawai akan menimbulkan efek grogi, dan yang semisalnya, sehingga mengurangi konsentrasi bekerjanya. Bagi pengunjung baru, dapat mengakibatkan efek mebatalkan diri, dikarenakan malas untuk mengantri.

Mudah diakses dari berbagai arah <<

Instansi kompleks, seperti rumah sakit. harus mudah diakses dari berbagai arah. Ini sebagai bentuk pelayanan instansi terhadap pengunjungnya. Pada saat pangunjung masuk, akan langsung menuju resepsionis, keudaian akan mudah ke arah manapun, dan bisa kembali ke resepsionis, untuk mendapatkan informasi yang lainnya

Meja konter haruslah unik, sehingga dengan mudah dapat dikenali <<

Sebenarnya tidak ada masalah bila semua meja yang ada di ruangan sama, tinggal di beri label berbeda, Sehingga pengunjung dapat mencari sendiri. Namun dalam dunia arsitektur, pemberian label, papan nama, dan yang semisalnya, adalah opsi yang paling buruk. Bahkan sebagian menganggap, hal ini termasuk kegagalan desain. Walaupun desain sang arsitek tersebut sangatlah luar biasa bagusnya, namun bagi orang umum tidak bisa mengerti maknyanya, bahakna tidak tahu fungsinya, percuma saja.

Meja konter harus ada penjaganya (he..he..) <<

Ini sih sudah jelas. Kan aneh jika meja konter tidak ada yang jaga. Kalau seperti itu mending tidak usah dibuatkan meja konter. Kalau penjaganya sedang ada keperluan berilah label yang menunjukkan kalau dia sedang tidak di tempat. Sehingga pengunjung akan lebih bersabar menunggu.

Di bawah ini adalah salah satu meja konter yang didesain pada saat saya masih bekerja di siaga medika. Konsepnya adalah, menyesuaiakan bentuk dari plafond dan lantai. Meja konter ini cukup sempit, maksimal di tempati 2 orang. Di depan meja terdapat dua tiang yang semakin membuat sempit. Saya mengalami kesulitan memaksimalkan fungsinya. Bahkan rekan sayapun agak bingung.

Material yang digunakan adalah bertekstur kayu, berwarna coklat gradasi, seirama dengan interior keseluruhan bangunan. Top meja menggunakan kaca, sebagai pemberi kontras. Saya membuat beberapa alternatif rancangan. Dibawah ini yang saya render dengan 3dsmax

meja konter 1.jpg

meja konter 2.jpg

Ternyata hasilnya ditolak, dan akhirnya malah dipilih rancangan saya yang ini :

meja konter 3.jpg

Dan dirender seadanya

meja konter 3 ren.jpg

sekian

Technorati : ,
Del.icio.us : ,
Zooomr : ,
Flickr : ,

2 komentar:

  1. assalamu'alaikum...hoho..makin komplit aja nih menunya....apa kabar akh? oia di sela kesibukannya, mr sofiyan juga lagi membangun blog sm...udh berkunjung belum akh? http://rssiagamedika.blogspot.com/ tpi blm fix smua.

    BalasHapus
  2. @jadid
    waalaikum salam.
    nah punya antum mana updatenya?

    BalasHapus