Arsitektur-Interior-Furniture

Pengembangan Rumah Type 36

Pada posting sebelumnya, studio-rumah telah membuat 1 tipe rumah dengan luasan + 36m2, pada kapling 8x11 m. Kemudian diberikan 1 alternatif pengembangan kedepan, dengan menambah 1 ruang di bagian belakang.

Penambahan 1 ruang di belakang ini (ruang ke 3) akan menutup ventilasi kamar ke 2. Sehingga ventilasi perlu dipindah menghadap dapur. Upaya ini akan membuat bau dapur akan mudah masuk ke ruangan.

Pengembangan berikutnya adalah dengan memindahkan dapur ke area semi teras. Area semi teras dirubah menjadi teras dan sedikit terkurangi.

p1 rumah t 36 01.gif

Guna memasukkan cahaya alami ke ruang 2, maka area akses menuju dapur, harus dibuat lapang. Tidak perlu menempatkan furniture / perabot maupun sekat tambahan. Diharapkan cahaya akan masuk melalui material transparan di dekat dapur, dan dipantulkan secara baur. Untuk mendapatkan pantulan cahaya baur semaksimal mungkin, gunakan material finishing berwarna terang, baik pada bangunan maupun perabotanya.

Guna memasukkan udara alami ke ruang 2, usaha yang memungkinkan, diantaranya dengan membuat ventilasi tambahan di area atap. Plafond menjadi lebih tinggi.

p1 ventilasi rumah t 36 02.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Cari Blog Ini

studio-rumah.blogspot.com - 2022. Diberdayakan oleh Blogger.