Minggu, 13 September 2020

Kusen Alumunium

Kusen alumunium merupakan kusen pabrikan dengan ukuran tertentu. Penggunaan kusen jenis ini umumnya dibuat pada bangunan bukan rumah tinggal. Namun akhir – akhir ini kusen alumunium digunakan pula pada rumah – rumah tinggal terutama rumah – rumah dengan anggaran yang minimal.

Mungkin dikarenakan harga kusen, serta ongkos pekerjaan yang minim, sehingga kusen ini digunakan untuk rumah dengan anggaran minimal. Saat ini, kusen alumunium memiliki beberapa macam variasi merk, ketebalan, serta tentu harganya. Tentunya kusen yang lebih bagus memiliki harga yang lebih tinggi. Ada sedikit perbedaan proses pemasangan kusen alumunium dibandingkan kusen kayu.

  • Kusen kayu memiliki kupingan dan angkur (yang nantinya tertanam pada dinding), sehingga pemasangan kusen kayu dilakukan bersama dengan pekerjaan dinding. Ketika dinding mencapai bagian pelubangan, maka kusen harus segera di set ke dalam area dinding, sehingga angkur dan kupingan pada kusen bisa tertanam. Jika terlambat, tentu akan mengakibatkan pembongkaran dinding pada area lubang dinding. kusen bisa dipasang sebelum proses finishing dinding secara keseluruhan.
  • Kusen alumunium dipasang setelah dinding rapih terpasang. Jadi kusen ini  dipasang akhir – akhir setelah proses acian dinding. Setelah pekerjaan finishing pelubangan dinding selesai, maka vendor kusen alumunium akan memotong bagian – bagian kusen di tempat pekerjaan, sehingga ukurannya menyesuaikan dengan lokasi pelubangan dinding. Bisa juga vendor memotong di bengkel khusus, namun pengukuran pelubangan dinding harus tepat per lokasi. Jenis bahan dan ukuran, serta detail pemasangan kusen ini bisa ditanyakan pada vendor – vendor pemasangan alumunium.

Karena kusen alumunium semacam lempengan yang ditekuk, sehingga bentuk kusen ini lurus rapih. Hal ini menuntut finishing pelubangan dinding yang lurus dan rapih, dengan kata lain tingkat kesulitan pada bagian ini cukup tinggi.
Selain itu pekerjaan kusen ini sekali jadi, karena jika ada kesalahan, maka cacat yang terjadi sulit untuk ditutupi.
Contoh : Jika salah membuat lubang kunci, maka pintu atau jendela tidak bisa terkunci. Sehingga letak lubang kunci pada kusen harus dipindah. Lubang yang lama akan terlihat jelas dan tidak bisa ditambal karena kusen ini merupakan bahan pabrikan. Kasus yang semisal juga bisa terjadi pada lubang engsel. Pastikan anda memilih vendor yang tepat, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Follow by Email

Cari Blog Ini