Jumat, 15 Februari 2013

Mengenal Bentuk Atap Rumah

Pada musim hujan, sering didengar kasus rumah yang bocor. Penyebab penting kebocoran adalah terhambatnya aliran air (hujan) di atap. Salah satu faktor terhambatnya aliran ini adalah kurang tepat dalam merencanakan bentuk atap.

Berikut adalah beberapa bentuk atap yang umum dijumpai :

Atap Miring

Atap Miring.jpg

Ilustrasi (sumber : solusiproperti.com dengan sedikit perubahan)

Atap yang umum digunakan pada wilayah tropis. Atap ini memiliki keunggulan dalam mengalirkan air hujan, sehingga air hujan dapat segera dialirkan ke bawah. Besar kemiringan atap dipengaruhi oleh penggunaan material penutup atapnya.

Bahan Penutup Atap

Kemiringan

Beton

1 o - 2o

Kaca

10 o - 20 o

Semen asbes

15 o - 25 o

Seng

20 o - 25 o

Genteng

30 o - 40 o

Sirap

25 o - 40 o

Alang atau ijuk

>40 o

Tabel diatas hanyalah sebagai pedoman, guna kelancaran aliran air hujan. ( sumber : http://duniaatap.blogspot.com)

Atap yang miring pun, memiliki keunggulan dalam menyerap panas : (sumber : Temu Ilmiah IPLBI 2012 http://temuilmiah.iplbi.or.id )

  • Semakin besar sudut kemiringan atap, semakin dingin suhu yang dihasilkan di dalam ruangan akibat pengaruh luasan atap dapat menyerap panas lebih banyak.
  • Sudut atap ideal adalah 45o dengan arah hadap timur barat karena tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin suhu yang diserap.

Atap Datar

Atap Datar.jpg

Ilustrasi (sumber : ideaonline.co.id dengan sedikit perubahan)

Atap yang rata dengan ketinggian yang relatif sama dari tiap - tiap sisi atap. Atap ini kurang cocok diterapkan di area yang sering mengalami hujan, karena rawan kebocoran. Volume air hujan pun dapat menambah beban atap. Untuk daerah tropis, meskipun namanya atap datar, namun dalam membuatnya, tidaklah benar - benar datar. Tetap harus ada kemiringan yang cukup, guna mengalirkan air hujan.

Atap Lengkung

Atap Lengkung.jpg

Ilustrasi (sumber : imagebali.net dengan sedikit perubahan)

Bosan dengan bentuk atap yang lurus - lurus? Mungkin dengan menghadirkan atap lengkung, bisa membuat rumah terlihat dinamis. Perhatikan material penyusun atap, jika ingin menggunakan bentuk lengkung. Pilih material yang memang khusus dirancang untuk atap lengkung. Mengenai bentuk terbaik untuk rumah anda, bisa dikonsultasikan dengan ahli rancang bangun kepercayaan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar