Arsitektur-Interior-Furniture

Rumah di Lahan 7m

Kali ini Rumah Desain akan berbagi contoh rumah sederhana dengan memanfaatkan lahan berlebar 7m. Pada perumahan yang umum dijumpai, perletakkan ruangan dibuat se-efisien mungkin, sehingga material yang digunakan seminimal mungkin, dengan pemanfaatan sebanyak mungkin.

Contoh-nya pada perletakkan Ruang Tidur. Karakterirstik pada perumahan yang banyak dijumpai, adalah dengan menempelkan kamar – kamar tidur, serta dengan membuat rumah kopel. Perumahan yang seperti ini tentu lebih “irit” material. Jika 1 dinding bisa dibuat untuk 2 ruang, setidaknya akan terjadi penghematan pada beberapa hal :
  1. Pondasi digunakan bersama oleh 2 ruang;
  2. Dinding cukup dibuat 1 lajur;
  3. Finishing (plester, aci, cat) dimanfaatkan bersama;
  4. Instalasi listrik bisa dipakai bersama;
  5. Pengurangan biaya operasional pekerjaan.
Dan mungkin beberapa hal menguntungkan lainnya yang bisa didapatkan. Ada satu hal yang kali ini Rumah Desain akan membuat satu perombakan desain pada denah ruang yang umum dilakukan.
Denah kali ini Rumah Desain membuat 2 kamar yang terpisah / tidak menempel. Memang akan terjadi pemborosan dinding, dengan melakukan perubahan ini. Pertimbangan membuat denah ini, adalah dengan dimasukkannya faktor privasi penghuni rumah. Biasanya pada perumahan dengan type luasan sejenis, faktor privasi manjadi terabaikan.
Bila kamar dijadikan menempel, maka dari pintu masuk akan dapat melihat langsung ke area belakang. Hal ini tentu mengurangi privasi penghuni rumah. Bisa dibayangkan, apabila ada tamu berkunjung, kemudian penghuni dalam keadaan “tidak siap”. Tentunya akan terjadi hal yang tidak menyenangkan.
Pada denah yang ditampilkan kali ini, pemindahan 1 kamar belakang, akan mengakibatkan terhalangnya pandangan dari arah ruang tamu. Sehingga bila ada tamu yang akan berkunjung, penghuni rumah bisa “bersiap-siap” guna menyambut kedatangan tamu rumah.
Saat tamu berkunjung-pun, penghuni rumah tetap dapat melakukan aktifitas pada ruang dalam. Akan berbeda kondisinya bila ruang tengah terlihat dari depan.
1 pintu samping yang ada, adalah guna akses keluar rumah yang ke dua, bila mana ruang tamu sedang digunakan.
Denah Rumah
Data Desain :
Jumlah kamar tidur           : 2 unit
Luasan rumah                  : + 35 m2 (dihitung dari as dinding)
Kebutuhan lebar lahan      : 7m
Kebutuhan panjang lahan : opsional

Alternatif Tampak

Contoh tampilan dengan gaya perumahan
Sekian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Cari Blog Ini

studio-rumah.blogspot.com - 2022. Diberdayakan oleh Blogger.