Arsitektur-Interior-Furniture

Pengembangan Denah Rumah Type 45 - 2

Berbeda dari pengembangan rumah tipe 45 sebelumnya, kali ini perubahan denah awal juga menyertakan area depan. Dapur dipindah ke depan, serta menambah 1 pintu alternatif di bagian samping.

Area ruang tengah dibagi menjadi 2. Sebagian digeser ke belakang dan dapat difungsikan sebagai ruang makan. Ruang ke 3 diletakkan bersebelahan dengan ruang ke 2. Tentunya akses ventilasi ke ruang tengah menjadi terputus. Sehingga area ruang makan dibuat banyak ventilasi, sebagai usaha memasukkan cahaya dan udara alami sebanyak mungkin.

p2 rumah t 45 d.jpg

Dinding depan dapur segaris dengan dinding depan ruang ke 1, sehingga teras yang hanya 1x3 m2 akan tenggelam dan sempit. Maka diperlukan penambahan teras, setidaknya 1/2 x 3 m2. Sekaligus mempertegas area pintu masuk / entrace. Menambah teras ke arah depan akan mengurangi area taman. Namun karena sifat teras yang juga ruang terbuka, maka pendangan dari pintu masuk ke arah luar rumah, tidak banyak berubah. Apalagi jika penambahan atap teras hanya sedikit, sehingga tidak memerlukan tiang penyangga tambahan di depan teras.

p2 rumah t 45 v.gif

Perlu diperhatikan area di depan dapur, sebagai usaha meredam kesan kotor dapur dan udara buangan dari dapur, perlu dibuat penghijauan sekaligus menyembunyikan kesan "dapur" dari arah pandangan depan. Penghijauan yang cukup juga sebagai usaha mengurangi kebisingan dapur ke arah luar rumah.

Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Cari Blog Ini

studio-rumah.blogspot.com - 2022. Diberdayakan oleh Blogger.