Arsitektur-Interior-Furniture

Sekilas Tentang Keramik

Bingung menentukan judul yang tepat, akhirnya dipilih judul "Sekilas Tentang Keramik". Jika mengulas penuh tentang keramik, mungkin membutuhkan ruang yang cukup panjang. Artikel berikut ditulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan pribadi penulis saat ini.

Keramik yang dimaksud tentunya merupakan keramik material finishing bangunan. Sesuai kegunaanya, untuk saat ini keramik bisa digolongkan menjadi beberapa jenis :

Keramik lantai

Ini adalah jenis keramik yang paling populer. Sesuai dengan namanya, keramik ini dipasang sebagai penutup lantai. Cara memasang keramik ini cukup mudah, namun dibutuhkan ketrampilan yang cukup, untuk membuat rapi pemasangannya. Ukuran yang umum dipakai, adalah 30cm x 30 cm dan 40cm x 40cm. Bahkan saat ini kebanyakan orang mulai mencoba ukuran yang lebih besar. Keramik 60cm x 60cm pun sudah mulai digemari.

Tekstur permukaan keramik lantai saat ini, semakin bagus. Anda bisa menemukan tekstur permukaan yang mengkilap dengan corak yang bagus untuk dipilih sebagai penutup lantai rumah anda. Untuk keramik tertentu, bahkan memiliki ujung tajam (tidak membulat)

lantai keramik 01.jpg

keramik lantai 02.jpg

Keramik dinding

Jenis keramik yang juga sudah umum dipakai. Pada dasarnya keramik lantai pun dapat dipasang pada dinding vertikal. Namun biasanya keramik dinding memiliki ukuran memanjang (tidak sama sisi). Seperti halnya keramik lantai, tekstur dan coraknya-pun bermacam - macam pula.

Memasang keramik secara vertikal tentunya lebih sulit dibanding memasang secara mendatar. Faktor kerapihan menjadi lebih penting, komposisi adukan perekat juga perlu diperhatikan. Jika adukan terlalu encer, keramik menjadi mudah melorot, biasanya salah satu sisi akan turun sedikit lebih cepat.

keramik dinding 01.jpg

Keramik KM

Keramik yang khusus dibuat sebagai penutup lantai maupun dinding KM. Biasanya, keramik ini dibuat berpasangan, antara lantai dan dindingnya. Bahkan keramik type tertentu, dibuat satu set kesatuan.

Sebagai contoh keramik bermerk "Bata", memiliki set tipe yang diberi nama "Batako". Tipe batako ini cocok untuk KM dengan ukuran ruang yang luas, karena terdiri atas keramik lantai dengan ukuran 30cm x 30cm dengan corak batu berwarna krem, keramik dinding ukuran 30cm x 60cm juga bercorak sama dengan lantainya.

Sebagai pelengkap, disediakan pula keramik inserto ukuran 30cm x 60cm dengan corak agak berbeda dari lantai, namun masih bertemakan batu. Pelengkap yang berikutnya, berupa listelo ukuran 7cm x 60cm (list vertikal) serta 7cm x 30cm (list mendatar), dengan corak batu bergambar sketsa rumah sebagai aksen hiasan dinding. (merk "bata" hanyalah asumsi saja)

keramik KM 02.jpg

keramik KM 01.jpg

Keramik eksterior

Keramik untuk luar ruangan, dengan tekstur kasar, dan biasanya berwarna sedikit kusam (tidak cerah). Tekstur kasar berguna untuk mencegah licin, dikarenakan kondisi luar ruangan yang kadangkala terkena air hujan maupun air buangan tertentu. Warna yang kusam dapat mengurangi silau di siang hari akibat pantulan cahaya matahari.

keramik eksterior 01.jpg

keramik eksterior 02.jpg

Sekian, terima kasih. Semoga bermanfaat

Pustaka :

Gambar ( griyanews.com , google, archiexpo.com, ideaonline.co.id ) dengan perubahan seperlunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Cari Blog Ini

studio-rumah.blogspot.com - 2022. Diberdayakan oleh Blogger.