Jumat, 04 Maret 2011

GRADASI WARNA (1)

WARNA GRADASI

Penerapan Dasar <<

Pada bagian pewarnaan objek, kita mengenal jendela warna gradasi. Kita akan mencoba berlatih menggunakan warna gradasi, serta menggunakan untuk membuat objek yang lebih menarik.

Contoh :

fountain fill.gifBuatlah sebuah kotak sederhana, kemudian buka jendela warna gradasi (ingat, selalu gunakan pick tool) dengan cara-cara seperti diterangkan sebelumnya. Ubah warnanya menjadi linier merah ke putih, dengan sudut 45 o red-white.gif

Atau anda dapat mengubah sudut pada kotak preview warna. Hasilnya bisa terlihat seperti gambar di samping kanan.

Anda dapat mengubah type gradien liner, menjadi radial dan seterusnya.


radial fill.gifContoh hasil penerapan type radial, dengan mengubah titik pad ke bagian atas (klik pada area preview gradient)

Berlatihlah menggunakan gradient fill ini, dengan parameter yang diubah.

Contoh Kombinasi Objek <<

Kita akan membuat jam dengan latar belakang warna gradasi.

  1. Buatlah kotak persegi sederhana menggunakan rectangle tool, kemudian ubah corner radiusnya (lihat property bar. Atau dengan menggunakan shape tool, anda geser ujung perseginya, sehingga ujung-ujung persegi menjadi melengkung. Berilah warna abu-abu

corner radius.gif

  1. Dupikasi objek dengan bantuan kotak seleksi. Pilih dengan pick tool, pilih persegi ini, tarik kotak selaksi bagian bawah ke atas. Klik kanan (klik kiri jangan dilepas) sekali, lepas, kemudian lepas klik kirinya. Berilah warna gradasi linier abu-abu ke putih, sudut -90o. Klik geser kotak seleksi bagian samping, sambil menekan tombol shift. Ini akan mengakibatkan kotak baru mengecil ke samping secara seimbang. Lakukan pula untuk bagian atasnya (tanpa menekan tombol shift). Buang warna outlinenya (klik kanan pada color pallete kotak warna silang)

scale.gif

  1. Berikan warna outline pink dengan ketebalan tertentu. (lihat keterangan sebelumnya mengenai pewarnaan objek). Buatlah group untuk kedua objek (warna abu-abu dan warna gradasi)
    background jam.gif

  1. Anda bisa menambahkan elemen tali samping pada bagian belakang. Buatlah sebuah rectangle di luar area, kemudian tempatkan center. Manfaatkan bantuan snap to objek. Snap to objek akan berfungsi bila pointer mouse kita dekatkan ke objek. Dalam hal ini kita akan mendekatkan center objek (klik persis di tengah objek, hingga muncul tulisan center) ke center objek lain (dalam hal ini group objek dengan outline pink tadi). Kemudian letakan di bagian belakang background ini (ingat penjelasan tentang order gambar). Beri warna yang sesuai.

Anda dapat mematikan fungsi snap pada properti bar, saat anda tidak memilih objek apapun (klik di tempat kosong) snap tool.gif

  1. Buat pula tali atas-bawah, yang dilubangi dengan operasi boolean. Caranya: buat dulu kotak tali yang diinginkan, kemudian buat kotak yang lain dengan ukuran lebih kecil, dan diletakkan di bagian atas dan bawah. Atur sedemikian rupa seperti pada gambar di bawah. Beri warna yang sesuai. Kemudian letakkan di tengah (gunakan bantuan snap). Anda dapat menambahkan pernik-pernik lain bila diinginkan.

background jam jadi.gif

bersambung ke bagian 2

Technorati :
Del.icio.us :
Zooomr :
Flickr :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar